Kota Solo belakangan ini lagi jadi destinasi liburan favorit para wisatawan. Sebab, kota ini terkenal akan wisata budaya dan wisata sejarahnya yang menarik. Tapi, ternyata nggak cuma kedua wisata tersebut aja yang seru dan patut dicoba. Nyatanya, wisata kuliner di Kota Budaya ini juga enak-enak, loh!

Es Krim Tentrem

Kedai es krim ini udah beroperasi dari tahun 1952, dan masih tetap populer sampai sekarang. Es krim di sini merupakan buatan rumahan atau homemade dengan bahan alami. Menu es krim di sini juga unik-unik dan menarik, seperti Es Krim Tumpeng Sari, Banana Split, Es Dewa Mabuk, Es Pelangi, Happy Day, Zebrarta, dan lain-lain. Adapun menu best seller di sini adalah es krim Tutti Frutti!

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No. 132, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 11.00-21.00 WIB

 

Restoran Kusuma Sari

Restoran ini terbilang legendaris karena udah beroperasi sejak tahun 1970 dan masih bertahan sampai sekarang. Awalnya, restoran ini cuma usaha katering yang bisa dinikmati saat ada acara atau resepsi pernikahan warga saja. Namun, pada tahun 1989 akhirnya diubah menjadi restoran dan sampai saat ini masih tetap ramai pengunjung.

Di sini menawarkan makanan yang enak dan murah, salah satunya Bestik Daging yang Hanya dibanderol Rp 26.000 aja. Kamu juga bisa cobain snack seperti sosis solo dan risoles smoked beef. Nggak cuma itu, di restoran ini juga ada es krim homemade bernama Charmo!

Lokasi: Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 111, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-22.00 WIB

 

Serabi Notosuman Ny. Lidia

Serabi sendiri merupakan kue basah, yang bisa disajikan terbuka, maupun digulung dengan daun. Terbuat dari tepung beras, santan, gula, dan pandan, serabi memiliki tekstur kenyal, dan lembut. Serabi Notosuman Ny. Lidia menjual dua varian rasa, yakni serabi biasa dan serabi coklat. Untuk harga, serabi biasa Rp 2.300 per buah, sedangkan yang coklat Rp 2.500 per buah.

Lokasi: Jalan Moh. Yamin No. 28, Surakarta.

Jam Operasional: pukul 05.00-16.00 WIB

 

Kue Mandarijn Solo, Orion

Di sini kamu bisa mencari beragam oleh-oleh dan tentunya ada kue mandarijn solo. Kue berwarna coklat dan kuning ini merupakan kue lapis bolu yang lembut. Harga satu box kue mandarijn yang spesial adalah Rp 110.000. Selain kue mandarijn, ada juga keripik, kacang, hingga kue-kue basah.

Lokasi: Jalan Jendral Urip Sumoharjo No. 80, Surakarta. 
Jam Operasional: setiap hari, pukul 07.30 – 20.00 WIB

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *